Thursday, March 18, 2010

Indonesia Masih Negara Terkorup

Hasil survei terbaru Political and Economic Risk Consultancy (PERC), di Minggu kedua di bulan Maret 2010, menegaskan bahwa Indonesia ditempatkan sebagai negara terkorup dari 16 negara se Asia Pasifik.

Indonesia termasuk negara terkorup dengan skor 8,32 atau lebih buruk jika dibandingkan dengan Thailand (7,63). Sedangkan negara yang paling bersih dari korupsi adalah Singapura dengan skor 1,07.

Hasil survei sebelumnya yang dilakukan Bank Dunia dan International Financial Corporation menunjukkan posisi Indonesia dalam hal kemudahan berinvestasi tergolong paling rendah di Asia Tenggara. Posisi Indonesia dalam urusan investasi, kalah dari Rwanda, negara di Afrika, negara yang pernah terbelakang dari demokrasi dan informasi bahkan negara tersebut pernah dilanda perang saudara yang berkepanjangan.

Selain itu, berdasarkan survei Doing Business 2010 yang dirilis bulan lalu, posisi Indonesia memang naik dari urutan 129 menjadi 122. Namun Rwanda mampu melesat dari urutan 143 menjadi 67.

Dari data tersebut diatas, maka tugas berat menanti bagi pemerintahan Sby untuk menarik investor sebanyak-banyaknya dalam rangka mengurangi pengangguran yang terlihat nyata ada disetiap lini kehidupan masyarakat. Mereka berharap, pergantian tahun demi tahun akan mengurangi beban hidup mereka bukan sebaliknya.

No comments:

Post a Comment