Monday, July 26, 2010

Darmin Gubernur BI Centurygate Berlalu

Banyak pihak mengatakan bahwa Darmin diduga terlibat dalam berbagai kasus antara lain Centurygate, Kasus pajak dll. Anehnya, indikasi keterlibatan dalam Century, Darmin tetap terpilih jadi Gubernur Bank Indonesia. Apakah ini, hasil deal politik antara pemerintah dan oposisi.

Umumnya, Deal politik anggota dewan di Indonesia, berupa money politik dan barter kasus. sedangkan catatan-catatan yang menyertai penetapan Darmin oleh Komisi XI, hanyalah formalitas belaka tanpa makna

Pengamat politik dan parlemen, Tom Pasaribu, menyebutkan kesepakatan politik di balik penetapan mantan Dirjen Pajak itu sebagai Gubernur BI, membawa DPR tetap pada "permainan api".

Menurut Tom, sangat aneh bila DPR yang sedari awal menyadari hanya punya satu pilihan pada orang yang punya peluang duduk di kursi terdakwa dalam sebuah kasus besar, malah kemudian memilihnya sebagai Gubernur BI melalui cara aklamasi.

"Sejarah di Indonesia ini seluruh catatan baik yang dilakukan DPR maupun lembaga lain tidak pernah ditindaklajuti," ujarnya. Maka dari itu, Tom tidak heran bila kemudian hari ada suara dari DPR sendiri yang meminta pengusutan Centurygate ditutup saja.

Kalau pun di kemudian hari dia (Darmin) terbukti jadi terdakwa di kasus Century, pasti ada perlindungan itu," tegasnya

No comments:

Post a Comment